Prinsip dan syarat diet rendah sisa pdf

Terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit di perut. Diet diberikan jika perdarahan pada lambung atau duodenum sudah tidak ada.

Energy tinggi dan protein tinggi. Demam terutama pada sore dan malam hari Kepala terasa sakit, anoreksia, cepat lelah Lidah kotor,berselaput putih Rasa tidak enak di perut,perut kembung Fase pertama sakit sering terjadi konstipasidan minggu ke-2 biasanya diare Thypus Abdominalis Pemeriksaan lab yang mendukung: Diet Sisa Rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulasi akut, obstipasi spastik, penyumbatan bagian cerna, hemoroid berat, serta pada pra dan pascabedah saluran cerna.

N usia 23 tahun BB;45 kg, TB: Syarat-syarat diet disfagia adalah: Mengeluh perut perih,mual dan muntah. Energi cukup sesuai dengan umur, gender dan aktivitas 2. Sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi sulit buang air besar.

Makanan yang digoreng yang sulit untuk dicerna harus dihindari. Sumber protein hewani: Mimisan ataupun pingsan tak sadarkan diri.

Diet Rendah Sisa I, diberikan dalam bentuk saring. Kacang merah serta kacang-kacangan kering seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tolo 5. Tujuan Diet Sisa Rendah adalah untuk memberikan makanan sesuai kebutuhan gizi yang sedikit mungkin meninggalkan sisa sehingga dapat membatasi volume feses, dan tidak merangsang saluran cerna.

Lemak dan gula diberikan dalam jumlah terbatas bila pasien tahan, susu tidak diperbolehkan. Makanan mengandung serat diperbolehkan dalam jumlah terbatas, begitu pun lemak dan gula.

Tidak meninggalkan sisa 3. Kemudian mengikuti peredaran darah, bakteri ini mencapai hati dan limpa sehingga berkembang biak disana yang menyebabkan rasa nyeri saat diraba.

Syarat dan Prinsip Diet Rendah Sisa

Protein Kebutuhan protein lebih terkait dengan keparahan dan durasi infeksi daripada ketinggian demam. Pada fase akut dapat diberikan makanan parenteral saja selama jam untuk memberikan istirahat pada lambung.

Lemak dan gula diberikan dalam jumlah terbatas bila pasien tahan, susu tidak diperbolehkan. PT Gramedia Pustaka Utama. Makan secara perlahan di lingkungan yang tenang. Hasil recal menunjukkan asupan makan kal. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka waktu pendek.

Diet disfagia Disfagia adaah kesulitan menelan karena adanya gangguan aliran makanan pada saluran cerna. Rasa tidak enak diperut yang disertai bertambahnya frekuensi defekasi, yang ditandai dengan mules, rasa tidak enak menetap pda perut kiri, rasa tidak puas setalah BAB, atau ingin BAB tidak kelar Kadang timbul rasa nyeri hebat pada perut kiri bawah, mual dan anoreksia dapat timbul pada serangan kambuhan Pada keadaan irritable, defekasi dapat berulang-ulang dengan feses lembek dan encer, kadang hanya keluar lendir saja Colitis Terapi Obat-obatan Diet: Mineral Karena hilangnya elektrolit yang berlebihan seperti sup natrium, kalium dan klorida asin, kaldu, jus buah, susu harus dimasukkan untuk mengkompensasi hilangnya elektrolit.

SYARAT DAN PRINSIP DIET SALURAN CERNA ATAS DAN BAWAH

Memiliki kebiasaan makan yg tidak teratutur, hasil recall asupan makan kal. Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, diet perlu disertai suplemen 9.

PT Gramedia Pustaka Utama: Konstiasi Spastik Terjadi spasme pada colon, sehingga sisa-sisa makanan tidak dapat dikeluarkan secara normal Biasannya disebabkan karena stres yang lama, gangguan jiwa tidur, istirahat, minum, dan defekasi tidak teratur Diet:Minyak kelapa, santan kental, kelapa dan lemak hewan/gajih Diet energi rendah adalah diet yang kandungan energinya dibawah kebutuhan normal, cukup vitamin dan mineral serta banyak mengandung serat yang bermanfaat dalam proses penurunan berat badan Tujuan Diet: 1.

Menurunkan berat badan secara bertahap hingga mencapai berat badan yang diinginkan dengan mempertahankan status gizi. Jadi energi yang tinggi, protein tinggi, diet cairan penuh dianjurkan di awal dan segera setelah demam turun, serat, hambar rendah, diet lunak harus diberikan kepada pasien.

Diet Sisa Rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulasi akut, obstipasi spastik, penyumbatan bagian cerna, hemoroid berat, serta pada pra dan pascabedah saluran cerna. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka waktu pendek.

Bila diperlukan, di samping diet diberikan suplemen vitamin dan. Semakin rendah nilai satuannya, maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Berlaku sebaliknya yaitu semakin tinggi nilai satuan kalori dalam satu jenis makanan maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang diet penambahan berat badan.

Macam Diet Dan Indikasi Pemberian Menurut beratnya penyakit diberikan: Diet Rendah Sisa I Diet Rendah Sisa II Diet sisa rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulitis akut, penyumbatan sebagian saluran cerna, hemoroid berat, serta pra dan pasca bedah saluran cerna.

Pedoman diet umum Pedoman umum ditujukan untuk masyarakat luas, ditetapkan pemerintah setiap 5 tahun sekali (Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi).

Prinsip dan syarat diet rendah sisa pdf
Rated 4/5 based on 32 review