Ppt diet bagi penderita dm saat puasa

Diet DASH-Natrium Dietary Approaches to Stop Hypertension-Natrium adalah salah satu contoh diet rendah garam yang kini mulai dijadikan pilihan di luar negeri, yang juga bisa Anda coba jika menderita hipertensi.

Pasien dengan penurunan fungsi ingatan berat, demensia, atau mendapat pengobatan yang mempengaruhi daya ingat Pasien yang sedang menjalani dialisis cuci darah Apa yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes ketika berpuasa?

Pemberian insulin hanya dapat dilakukan melalui suntikan, insulin dihancurkan di dalam lambung sehingga tidak dapat diberikan per-oral ditelan. Dengan jadwal makan seperti ini, diharapkan kalori masuk secara bertahap sehingga keseimbangan gula darah tidak akan melonjak drastis.

Ketupat Merang ] Kunci pola makan atau diet pengidap DM adalah pengaturan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan konsep puasa dalam Islam secara substansial adalah menahan diri tidak makan, minum dan berhubungan suami istri mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat.

Dalam menghadapi bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba pertanyaan hangat yang muncul adalah bolehkah penderita Diabetes melitus berpuasa? Seringkali saat menjelang bulan puasa, pasien DM atau keluarga yang kebetulan mempunyai anggota keluarga yang menderita DM sering kebingungan, bagaimana mengatur dosis obat dan mengatur diet penderita DM saat bulan puasa.

Untuk pasien yang terkendali dengan OHO dosis terbagi, pengaturan dosis obat diberikan sedemikian sehingga dosis sebelum berbuka lebih besar daripada dosis sahur. Penderita yang kadar gulanya terkendali dengan diet DM dan olah raga, tidak ada masalah. Perencanaan diit bertujuan agar cukup asupan kalori, protein, lemak, asam mineral dan serat serta air dengan frekuensi makan sepanjang hari disesuaikan dengan pemberian obat anti diabetes atau injeksi insulin.

Komplikasi lain Pemeriksaan klinis dan laboratorium lebih lanjut perlu dilakukan bila untuk mengetahui apakah sudah ada komplikasi baik akut atau kronik seperti kadar gula darah selalu rendah atau bahkan selalu tinggi, komplikasi ke penyakit jantung, ginjal, hati, pembuluh darah, saraf atau mata.

Meskipun puasa Ramadhan aman untuk semua orang sehat dan beberapa kondisi sakit tertentu, namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi ilmiah. Khusus untuk pasien yang harus memperoleh insulin dosis kombinasi atau multipel maka dianjurkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan, karena memang pasien pasien yang masuk golongan ini membutuhkan injeksi obat lebih dari sekali sehari sehingga bisa membatalkan puasanya.

Contohnya adalah glipizid, gliburid, tolbutamid dan klorpropamid. Hal ini tidak terjadi pada starvasi jangka panjang, karena terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar, sehingga beresiko terjadi sirosis hati. Oleh karena itu Pada bulan ramadhan penderita diabetes melitus perlu lebih memperhatikan kesehatan dan perencanaan makanannya.

Pengidap DM cenderung mengalami gangguan pada saluran cernanya yaitu kerongkongan. Hasilnya, terdapat manfaat luar biasa dan tidak disangka sebelumnya oleh para ilmuwan tentang adanya mukjizat puasa Ramadhan bagi kesehatan manusia.

Mulai bekerja dalam waktu jam, mencapai puncak maksimun dalam waktu jam dan bekerja selama jam. Obat ini kadang bisa diberikan hanya satu kali pagi harimeskipun beberapa penderita memerlukan kali pemberian.

Penyebab Diabetes Mellitus Perubahan gaya hidup atau pola makan yang tidak seimbang dan kurang aktifitas fisik Stres Usia yang semakin lama semakin tua Pencegahan Diabetes Mellitus Merubah pola makan yang seimbang hindari makanan yang banyak mengandung protein, lemak, gula dan garam Melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari Rajin memeriksakan kadar gula urine setiap tahun Cara mengatasi Diabetes Mellitus Kalau sudah positif sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan ikuti anjuran dokter dengan penuh disiplin Melakukan diet untuk mengendalikan diabetes dan olahraga teratur Pemeriksaan darah untuk mengukur kadar gula diabetes Adapun gejala dan tanda-tanda klinis Diabetes pada rongga mulut Gusi agak membengkak, merah gelap dan biasanya agak lepas dari gigi Resorbsi dari processus alveolaris Insiden karies naik pada diabetes yang tidak terkontrol Jumlah saliva menurun.

Obat-obat hipoglikemik per-oral Golongan sulfonilurea seringkali dapat menurunkan kadar gula darah secara adekuat pada penderita diabetes tipe II, tetapi tidak efektif pada diabetes tipe I. Obat anti diabetes oral Ganti dosis metformin 3 x mg menjadi 2 x mg Obat sulfonilurea tidak disarankan atau harus digunakan dengan dengan hati-hati Apabila tetap digunakan, turunkan dosis sulfonilurea sampai setengahnya Penggunaan obat SGLT2 tidak dianjurkan Obat TZDs, alfa glucosidase inhibitor atau incretin tetap dapat digunakan Insulin Penggunaan insulin premixed atau insulin kerja menengah 2x sehari diganti menjadi insulin kerja menengah yang dipakai malam hari dan insulin kerja cepat bersamaan dengan makan Gunakan dosis insulin yang dianjurkan saat berbuka dan setengah dosis saat sahur Insulin pump: Kurangi atau hindari makanan yang mengandung lemak.

Kurangi konsumsi lemak jenuh dan kolesterol dengan mengurangi makanan yang digoreng dengan cara deep fry dan seafood kecuali ikan. One Dish Meal untuk Sahur Rendah Garam, karya Hindah Muaris, diungkapkan bahwa Natrium sendiri sebenarnya merupakan mineral esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan mengatur relaksasi otot.

Contohnya adalah insulin suspensi seng yang telah dikembangkan. Dengan demikian terhindar dari kenaikan kadar gula yang melonjak. Dalam penelitian ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, hati, ginjal, mata, profil endokrin, hematologi dan fungsi neuropsikiatri.

Jantung memompa darah lebih keras sehingga tekanan dalam arteri meningkat, yang kemudian menyebabkan hipertensi. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan tapi dengan penanganannya yang baik, DM bisa diatasi. Pastikan dulu bahwa kadar gula darahnya stabil dalam tiga bulan terakhir.

Namun, bila jumlahnya berlebihan tentu saja akan timbul masalah. Kebutuhan kalori berdasarkan usia misalnya usia laki-laki membutuhkan dan wanitasemakin ke atas maka kebutuhannya semakin berkurang pada aktifitas normal.

Tips Puasa Untuk Penderita Hipertensi

Seperlima bagian yang lain sebaiknya dipenuhi dengan makanan yang mengandung protein misalnya daging, ikan,telur, dan kacang-kacangan.

Gangguan metabolisme ini juga menyebabkan gangguan metabolisme zat gizi lain yaitu protein, lemak, vitamin, dan mineral yang mana proses metabolisme tubuh itu saling berinteraksi antar semua unsur zat gizi.

Serangan hipertensi dapat terjadi bila tekanan darah naik melebihi batas normal sehingga menyebabkan kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh.Pada prinsipnya, tidak ada masalah bagi penderita hipertensi untuk berpuasa, selama tekanan darahnya terkontrol dan si penderita meminum obat dengan teratur.

Obatnya sendiri dapat diminum pada saat sahur dan berbuka puasa, kecuali pada penderita yang mendapat dosis tiga kali per hari dan tekanan darah masih dalam tahap penyesuaian dengan dosis. Feb 03,  · Penyuluhan diabetes mellitus 1. “The Best Prescription is Knowledge" 2.

“The Best Prescription is Knowledge" 3. Diabetes merupakan keadaan yang timbul karena ketidakmampuan tubuh mengolah karbohidrat/glukosa akibat kurangnya jumlah insulin atau insulin tidak berfungsi sempurna “The Best Prescription is Knowledge" 4.

Penderita diabetes perlu hati-hati saat menyantap makanan. Selain dengan pengobatan, diabetes juga perlu ditangani dengan mengikuti pola makan khusus, yang disebut terapi nutrisi medis. Pada penderita diabetes, terapi ini menganjurkan konsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori, agar kadar gula darah mereka tetap terkontrol.

Pada penderita DM usia lanjut harus berhati-hati, sebab dapat terjadi robadarocker.comita DM harus cukup banyak minum. Diet DM merupakan diet yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak, ditambah dengan sayur dan buah.

Karbohidrat dalam bentuk kompleks sumbernya KH murni dibatasi hanya untuk bumbu, dapat digunakan gula pengganti. tips puasa pada penderita dm by rtwo_ra in Types > Presentations. tips puasa pada penderita dm. Search Search. Close suggestions.

Apa sih 3J ? (Jumlah Makanan, Jadwal Makanan dan Jenis Makanan) Bagi Penderita Diabetes (DM)

DIET PPT. Prolanis Adi Hidup Sehat Berpuasa. penyuluhan puasa. dipindahkan diminum saat berbuka puasa - Obat ke-2 yg biasa diminum petang dialihkan ke saat makan sahur dg dosis5/5(3).

Sedangkan saat puasa di bulan ramadhan, fungsi hati masih aktif dan baik. 2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah. Kemudian juga berbeda dengan starvasi, dalam puasa Islam penelitian menunjukkan asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.

robadarocker.com: Asep Candra.

DM dan Puasa
Ppt diet bagi penderita dm saat puasa
Rated 4/5 based on 84 review