Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan

Nilai -1 kurang 1 diberikan bila pesilat mendapat Teguran I Nilai — 2 kurang 2 diberikan bila pesilat mendapat Teguran II Nilai — 5 kurang 5 diberikan bila pesilat mendapat Peringatan I Nilai kurang 10 diberikan bila pesilat mendapat Peringatan II Penentuan Kemenangan Menang angka Bila jumlah Juri yang terbanyak menentukan menang atas seorang pesilat lebih banyak dari pada lawan.

Peringatan III: Karena hal itulah catatan tertulis mengenai asal mula silat sulit ditemukan. Serangan yang berhasil mendapat nilai sesuai dengan ketentuan nilai untuk tekhnik serangan yang digunakan. Keserasian irama gerakan. Pesilat yang waktu peragaannya lebih dari 3 menit, berkewajiban untuk menyelesaikan sisa gerakan jurus Tunggal, dan para Juri berkewajiban untuk menilai kebenaran jurus yang diperagakan oleh Pesilat.

Hukuman pengurangan nilai dijatuhkan karena kesalahan peserta terdiri atas: Oleh karena itu dirasakan perlu adanya pembinaan yang sistimatis untuk melestarikan warisan nenek moyang kita. Diskualifikasi a. Jika tidak dapat melakukan pertandingan dinyatakan kalah teknik.

Penilaian Nilai Kebenaran yang mencakup unsur: Ukuran 10 x 10 m dengan warna dasar hijau dan bidang tanding yang berbentuk lingkaran berdiameter 8 m didalamnya juga ada lingakaran lebih kecil berdiameter 3 m, lebar garis 5cm, dengan sudut merah dan biru, serta sudut netral.

Menang Angka a. Program utama disamping mempersatukan aliran-aliran dan kalangan Pencak Silat di seluruh Indonesia, IPSI mengajukan program kepada Pemerintah untuk memasukan pelajaran Pencak Silat di sekolah-sekolah.

Dari namanya, dapat diketahui bahwa istilah "silat" paling banyak menyebar luas, sehingga diduga bahwa bela diri ini menyebar dari Sumatera ke berbagai kawasan di rantau Asia Tenggara. Dalaam pelaksanaannya selalu dikombinasikan dengan sikap tubuh dan sikap tangan. Unsur-unsur yang terkandung dalam istilah pencak silat adalah: Dengan aneka ragam situasi geografis dan etnologis serta perkembangan zaman yang dialami oleh bangsa Indonesia, Pencak Silat dibentuk oleh situasi dan kondisinya.

Hanya pesilat yang akan menempatkan senjata ditempatnya Pelatih tidak diperbolehkan. Tiap babak terdiri atas 2 dua menit bersih. Bila Lawan dapat melakukan antisipasi terhadap teknik tangkapan menahan, memegang, menarik kaki yang tertangkap atau melakukan serangan balik secara sah memukul, menggunting, dan lain-lain sehingga lawan yang menangkap jatuh, maka jatuhan dinyatakan sah.

Pengurangan nilai 5 lima dikenakan kepada peserta yang memakai pakaian atau senjata yang tidak sepenuhnya menurut ketentuan yang berlaku tidak sempurna. Serangan sah yang dilakukan didalam bidang tanding, menyebabkan lawan jatuh diluar bidang tanding dan tidak bangkit atau nanar, maka Wasit melakukan hitungan hingga Kesalahan dalam rincian gerak.

Peserta dengan jumlah Nilai Kebenaran tertinggi dari 3 tiga juri seperti keputusan 7. Ketentuan bertanding 5. Dalam pengajuan keberatan harus dicantumkan uraian keberatannya dengan jelas. Silat berkembang di Indonesia dan Malaysia termasuk Brunei dan Singapura dan memiliki akar sejarah yang sama sebagai cara perlawanan terhadap penjajah asing.

Dan apabila Pesilat tersebut terkena Doping, maka gugur seluruh haknya pada pertandingan tersebut. Mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi.2/21/ · Pembagian kelas menrut berat badan, penimbangan pertama dilakukan sekurang kurangnya 6 (enam) jam sebelum dimulainya pertandingan pertama dalam satu kejuaraan.

pada waktu penimbangan pasilat hanya mengunakan pakaian pencak silat yang kering tanpa sabuk, penimbangan ulang dilakukan 15 (lima belas) menit sebelum pesilat mengikuti pertandingan. 9/26/ · a. Pakaian pertandingan, pakaian Pencak Silat berwarna hitam b.

PERATURAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT ANTARABANGSA

Pelindung badan c. Pelindung kemaluan Pembagian kelas: Menurut umurnya, peserta dibagi 3 golongan: Golongan remaja berumur di atas 14 s/d 17 tahun - Golongan teruna berumur di atas 17 s/d 21 tahun - Golongan dewasa berumur di atas 21 s/d 35 tahunAuthor: Suyono.

Kumite dibagi atas kumite perorangan dengan pembagian kelas berdasarkan berat badan dan kumite beregu tanpa pembagian kelas berat badan (khusus untuk putera). Sistem pertandingan yang dipakai adalah reperchance (WUKO) atau babak kesempatan kembali kepada atlet.

Penjelasan Aspek dan Pertandingan Pencak Silat

Olahraga pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Dalam pertandingan pencak silat, terdapat pembagian kelas menurut jenis umur dan berat badan. Berikut ini berbagai kelas dalam pencak silat. Pertandingan dimainkan sesuaikan dengan ketentuan kategori yang diatur dalam peraturan pertandingan & dipimpin oleh pelaksana teknis pertandingan yang sah.

Pasal 1: Kategori Pertandingan Pencak Silat terdiri dari: 1. Kategori TANDING adalah: Kategori yang menampilkan 2 orang Pesilat dari kubu yang berbeda. 2. Perwasitan Pencak Silat A. Perlengkapan seorang wasit pencak silat Perlengkapan yang digunakan oleh seorang wasit pencak silat adalah seragam wasit berwarna putih dan sabuk berwarna kuning dengan lambing IPSI disalah satu ujungnya.

B. Syarat-syarat menjadi wasit pencak silat Selain mengikuti penataran wasit dan juri sesuai tingkatan nya untuk menjadi wasit juri.

Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan
Rated 3/5 based on 72 review